Menu Mendaki Gunung

SUKA MEMASAK SAAT MENDAKI GUNUNG? MENU INI BISA DICOBA!

Ketika mendaki gunung dibutuhkan asupan makanan yang tepat agar tubuh tetap dalam kondisi yang fit. Untuk itulah, perencanaan yang tepat mengenai menu makanan sangat berpengaruh, apalagi jika perjalanan mendaki gunung memerlukan waktu hingga berhari-hari. Nah, jika mendaki gunung ini memakan waktu yang cukup lama, ada baiknya menyiapkan beragam variasi menu yang sehat, lezat dan bergizi untuk menemani pendakian anda.

makanan_lengkap

                Menu mendaki gunung yang bervariasi, lezat dan bergizi tidak hanya mengisi perut, namun bisa menjadi motivasi tersendiri untuk memasak. Jika umumnya sosis, mie instan, keju menjadi pilihan, mungkin beberapa resep dibawah ini bisa menambah variasi dalam daftar menu mendaki gunung anda.

Resep dan Cara Membuat Nasi Liwet

Bagi orang Indonesia, nasi adalah makanan pokok. Bahkan ada yang mengatakan “jika belum makan nasi maka namanya belum makan”. Untuk itulah, ketika mendaki gunung, jangan lupa untuk makan nasi.

Nasi adalah bahan makanan pokok yang kaya karbohidrat sehingga bisa dipastikan bisa menambah energi ketika mendaki gunung.

Alat dan bahan yang disiapkan:

  • Triangia ukuran 27 (bisa menggunakan alat masak lainnya, dengan ukuran yang berbeda)
  • Nasi dan air

Cara memasak nasi liwet

                Untuk triangia ukuran 27, masukkan beras cukup dua genggam saja. Masukkan juga air hingga sebanyak 1-1 ¼  ruas jari. Masak nasi dengan api biasa dengan keadaan nesting atau panci tetap terbuka.  Aduk sesekali agar tidak menggumpal.

                Ketika air dalam nasi cukup menyusut, kecilkan api kemudian tutup nesting dengan frypan. Biarkan sedikit terbuka agar uap air bisa keluar. Masak kurang lebih 15 menit hingga matang.

Resep dan Cara membuat pancake

                Ketika mendaki gunung, kreativitas anda sebagai seorang chef juga bisa diuji. Yaitu dengan menciptakan menu lezat bergizi, dalam beragam keterbatasan, seperti halnya memasak pancake.

                Makanan dengan tekstur lembut dan beraroma wangi ini bisa menjadi penyemangat mengawali hari. Menu yang dibuat dari campuran telur, susu, tepung dan baking soda ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, apalagi jika diimbangi dengan topping buah-buahan segar. Komposisi yang tepat sangat baik untuk tubuh seperti memperlancar pencernaan, menambah energi serta baik untuk kesehatan tulang. Nah, tertarik membuat pancake ketika mendaki gunung bukan? Ini resepnya!

Alat dan bahan

  • Adonan pancake (bisa didapat di supermarket atau dibuat sendiri)

Adonan pancake terdiri dari: tepung terigu 1 gelas, baking powder 1,5 sdt, garam ¼ sendok teh, gula pasir 2 sdm, margarin yang dicairkan 2 sdm, susu cair 250ml, air jeruk lemon(opsional)

  • Toping (madu, coklat, susu, selai, buah, sirup, dll)

Cara membuat pancake

                Jika anda membeli pancake di supermarket, maka cara mengolahnya sangat mudah, cukup dengan memanaskannya dengan margarin lalu tambahkan toping diatasnya. Namun agar lebih terasa sensasi memasak ketika mendaki gunung, ada baiknya mencoba membuatnya sendiri.

                Pertama, campurkan baking powder, garam, gula dan terigu. Tambahkan susu kemudian aduk hingga rata. Tambahkan mentega cair dan telur kemudian diamkan adonan sekitar 10 sampai 15 menit. Masak adonan hingga setengah matang lalu balik dan angkat.

                Sajikan dengan toping yang ada.

Resep dan cara membuat omelet

                Selain nasi dan pancake, anda juga bisa mencoba omelet untuk menu mendaki gunung. Omelet bisa dibuat tidak hanya dari telur  namun juga sayuran dan juga bahan lainnya sebagai topping. Kandungan nilai gizi yang tinggi membuat menu mendaki gunung ini perlu diperhitungkan.

Alat dan bahan

  • Bahan utama : Telur 5 butir yang dikocok, susu cair 5 sdm, garam dan merica secukupnya
  • Toping: bawang bombay, cabai, daging, sayuran, (bisa pilih mana yang disuka)
  • Bahan tambahan : keju

Cara memasak omelet

                Pertama yaitu mencampurkan telur dengan merica, garam dan juga susu. Tumis bahan yang akan dijadikan sebagai toping seperti bawang bombay, daging asap atau sayuran. Masukkan telur kocok dan keju kemudian masak hingga matang.

                Tertarik mencoba resep di atas ketika mendaki gunung? Sebelumnya menentukan menu mana yang ingin dipilih, pastikan terlebih dulu memperhitungkan lama perjalanan dan karakteristik gunung yang dilalui. Ini penting terkait kepraktisan pengemasan keseluruhan barang yang dibawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *