PENDAKI GUNUNG YANG BAIK

PENDAKI GUNUNG YANG BAIK

Naik gunung adalah kegiatan luar ruangan atau sebut saja alam bebas. Siapa sih yang gak pengen naik gunung? Bahkan sekarang naik gunung menjadi hobi yang cukup digandrungi oleh para pecinta petualangan. Ada yang bilang, “ngapain sih naik gunung? Naik gunung itu capek, ngabisin duit dan lain lain”. Tapi yang di dapat dari naik gunung itu tidak akan bisa terbayar dengan harga berapapun. Entah itu pengalamanya, sukanya, dukanya atau malah kenanganya? hehe. Yang pasti perasaan tentang apa yang di dapat dari naik gunung hanya bisa dijawab oleh para pendaki atau orang – orang yang notabene pernah naik gunung.

Kalau dibilang naik gunung itu capek, ya emang capek. Tapi kegiatan ini akan membawa kita pada pendalaman untuk mengetahui karakter diri kita sendiri. Karena menurut Edmund Hillary “Bukan gunung yang harus kita taklukan, melainkan diri kita sendiri.” Nah, naik gunung juga salah satu kegiatan alam bebas yang memiliki pesan baik untuk melatih kesabaran, disiplin, tanggung jawab dan belajar tentang bagaimana kita bersyukur kepada Tuhan. Naik gunung juga bisa juga seperti filosofi kehidupan, dimana ketika kita ingin mencapai puncak atau kesuksesan kita harus berjuang dan bersusah payah terlebih dahulu. Dan banyak nilai yang bisa kita petik dari sebuah pendakian jika kita benar – benar memaknai pendakian.

Akan ada banyak cerita yang didapat dari naik gunung dari kebersamaan, persaudaraan, kebahagiaan, pengalaman, suka, duka dan lain sebagainya. Naik gunung yang sebenarnya adalah bagaimana kita bisa menghargai alam dan tetap menjaga dan melestarikannya. Bukan dengan meninggalkan sampah dan melakukan kerusakan lainnya. Naik gunung mendidik kita untuk selalu menjaga alam, menjaga kebersihan dan kelesatriannya.

Jadilah pendaki gunung yang baik, bukan pendaki gunung yang hanya mengejar sensasi untuk mendapat like yang banyak di social media. Yup, wajar jika kita ingin mendapat like banyak di social media tapi jangan pernah lupa bahwa kita punya kewajiban untuk membawa sampah kita turun. Karena pendaki gunung yang baik adalah pendaki yang sadar bahwa alam harus di rawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Jangan naik gunung kalau cuma mau ninggalin sampah. Yuk, bersama-sama kita memulai untuk menanamkan sifat peduli kepada alam. Tidak perlu melihat yang lain tapi lihatlah diri kita sendiri terlebih dahulu. Apakah kita pernah melakukan kerusakan atau malah kita melakukan yang berguna untuk alam. Jadilah pendaki gunung yang baik ya #Cozmeeder J

Jangan mengambil apapun selain gambar, jangan meninggalkan apapun selain jejak, jangan membunuh apapun selain waktu.” (Anonymous)

 

This entry was posted in Uncategorized on by .

2 thoughts on “PENDAKI GUNUNG YANG BAIK

  1. Sijai

    wooww.. gambarnya keren2 bangeet….
    btewe, pesan2nya buat pendaki bagus banget, semoga teman2 pendaki yang lain bisa meniru.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *