TIPS AMAN MENDAKI GUNUNG

Dalam mendaki gunung dimanapun itu baik tinggi maupun rendah tidak lepas dari persiapan yang matang mulai dari fisik, perlengkapan, dan info tentang lokasi yang akan kita daki.

Berikut kami berikan tips mendaki gunung yang aman dan nyaman :

1. Kenali Medan
Mengetahui medan yang akan kita daki adalah salah satu kunci penting untuk keamanan dan kenyamanan pendakian kita. Carilah informasi sedetail mungkin tentang medan mulai dari jenis jalan, iklim, karakteristik gunung dan jarak antara pos ke pos selanjutnya. Setelah info diapatkan maka kita bisa menentukan barang apa saja yang akan kita bawa, seberapa banyak, jenisnya apa saja dan masih banyak lagi.

2. Perlengkapan yang sesuai

P
erlengkapan yang sesuai akan meminimalisir terjadinya hal buruk ataupun kecelakaan dalam mendaki gunung. Sesuaikan perlengkapan yang dipakai dengan iklim yang terdapat di gunung yg kita daki mulai dari Alas kaki, Celana, Jaket, Jas hujan dll

3. Ketahui Kemampuan Diri Sendiri

Mendaki gunung adalah salah satu hal untuk mengenal dan mencintai alam. Mendaki bukan mencari siapa yang tercepat dan siapa yang mencapai puncak. Kenalilah diri anda sendiri, sampai dimana batas kemampuan kita. Nikmati langkah demi langkah, jika lelah melanda maka istirahatlah sejenak untuk minum/makan makanan ringan. Intinya adalah Mendakilah sesuai kemampuan. Puncak adalah bonus.

4. Makan dengan tepat dan benar.

Sebaiknya sebelum melakukan perjalanan, perut harus sudah terisi satu jam sebelum pendakian. Dalam perjalanan jika memang dibutuhkan untuk makan, makanlah yang ringan saja seperti coklat, gula jawa, madu dll untuk meningkatkan energi dan tidak terlalu kenyang. Barulah saat tiba untuk camp/menginap isilah dengan makanan berat dan di keesokan harinya saat akan melakukan summit juga dengan sedikit makan dan minum.

5. Patuhi Peraturan yang ada

Jangan Tinggalkan rombongan, selalu menjaga agar rombongan tetap berada dalam jarak aman adalah pilihan terbaik. Selanjutnya adalah patuhi petunjuk dan larangan yang ada diperjalanan. Jangan sekali-sekali melanggar atau memilih jalur diluar yang sudah ditentukan. Peraturan itu dibuat tentunya sudah melalui pertimbangan yang baik untuk keselamatan pendaki.

6. Buang Sifat Egois

Mendaki adalah soal kebersamaan, saling membantu, menolong, bukan hanya mementingkan diri sendiri, sehingga kebersamaan adalah nomor satu dibandingkan hanya sebuah puncak.

This entry was posted in Uncategorized on by .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *